Cara Melakukan Dual Boot Windows to Linux

Post by Hori Revens on Thursday, January 6, 2011 | 2:11 AM


Hai guys, kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana sih cara membuat 1 komputer agar dapat dipakai 2 operating system sekaligus. Pada awalnya sih saya sendiri tidak begitu tahu apalagi mengerti, nah gara-gara saya mendengar tentang hal ini akhirnya pun saya coba dan bisa.
            Untuk tutorial ini saya membahas bagaimana memasang 2 OS dalam 1 komputer namun ada 2 cara dalam membahas hal ini :

  1. Untuk komputer yang belum memiliki OS sama sekali atau DOS

Langkah 1
masukkan cd OS windows (bisa XP, Vista, 7) lalu instal seperti biasa.

Langkah 2
buat partisi hardisk untuk menginstal windows dan buat juga hardisk yang lain untuk tempat file. Sisakan 1 hardisk kosong yang akan kita gunakan untuk linux nanti. (minimal linux 10 GB cukup)

Langkah 3
setelah membuat partisi hardisk untuk windows, lalu ikuti proses instalnya sampai selesai. Dapat diartikan kita sudah selesai menginstal windows pada komputer dan bila anda ingin menginstal software-software windows bisa anda lakukan sekarang atau nanti.

Langkah 4
Setelah itu kita akan menginstal linux, seperti biasa masukkan cd OS linux yang anda suka (ubuntu, mint, openSUSE, dll) lalu kita restart komputer kita. Bila belum mengerti cara penginstalan linux seperti ubuntu, mint, openSUSE, dll bisa di cari di google. Saya tidak membahas bagaimana proses install Linux secara detail karena karena focus kita hanya bagaimana cara membuat 2 boot.

Langkah 5
setelah masuk proses pemilihan partisi hardisk untuk tempat penginstalan linux, kita pilih partisi hardisk kosong yang sudah kita buat sebelumnya dalam penginstalan windows.

Langkah 6
ketika kita sudah memilih partisi hardisk yang kosong tadi, instal OS linux dengan rangkaian berikut (2 GB untuk linux swap, sisanya untuk linux ext3 dan beri tanda “/” atau root) instal sampai selesai. Untuk lebih jelasnya silakan cari e-book tentang cara install Linux.



       2.   Untuk komputer yang sudah memiliki OS windows

Langkah 1
salah 1 cara yaitu menggunakan software partition magic (khusus windows xp), bila anda memakai vista atau 7 silakan download partition magic versi vista dan 7 karena not support. Software ini berguna untuk membuat partisi baru secara manual tanpa harus memformat hardisk yang sudah kita buat.
Langkah 2
setelah kita mendapatkan software partition magic dan menginstalnya, lalu kita akan membuat partisi kosong dengan cara ini.
1.      buka aplikasi partition magic
2.      pilih salah 1 hardisk yang spacenya besar akan kita kurangi kapasitasnya untuk membuat partisi baru untuk linux
3.      setelah memilih hardisk tadi, klik kanan lalu pilih resize
4.      buat kapasitas hardisk baru yang anda kehendaki.
5.      setelah selesai membuat partisi baru pilih apply dan bila sukses akan di rekomendasikan untuk restart komputer

Langkah 3
setelah kita sudah bisa membuat partisi hardisk yang baru, maka langkah terakhir cukup masukkan CD/DVD OS linux, lalu kita restart dan ikuti langkah seperti cara yang 1 tadi.



NB : bila anda pemakai windows dan ingin membuat dual boot tapi tidak ingin membuat partisi baru bisa anda lakukan dengan memakai software virtualbox, virtual machine, virtual pc. Software ini khusus digunakan untuk membuat dual boot tapi tanpa perlu membuat hardisk baru. Untuk keterangan lebih jelas bisa anda cari di google.


Semoga berhasil !!!!

1 Comments:

  • Nice info. Thanks for sharing.

    Asia Poker99 merupakan agen Poker Terpercaya di Indonesia,
    Poker Gampang Menang serta Poker Tanpa Bot akan membuat Anda betah untuk bermain di AsiaPoker 99!

    Daftar, mainkan dan menang!

  • Post a Comment

    Mari kita saling voting dan berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada teman yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih banyak saya ucapkan, Salam Blogger teman . . .