Cara Menghilangkan, Mengatasi dan Membasmi Antivirus Palsu

Post by Hori Revens on Sunday, March 27, 2011 | 4:59 AM


Berikut ini saya sajikan cara-cara sederhana yang bisa dijadikan langkah pertama dalam menanggulangi antivirus palsu. Sebagai percobaan, saya sudah meng-install beberapa antivirus palsu di Windows 7 yang digunakan. Berikut ini tipsnya :

Mengganti Nama File

Terkadang cara sederhana bisa cukup ampuh menanggulangi masalah yang berat. Pada umumnya, antivirus palsu tidak mengizinkan anda untuk menjalankan file.exe, terutama exe milik antivirus asli atau antimalware. Namun, ada satu file exe yang tidak bisa diblokir oleh antivirus palsu, yaitu explorer.exe. Dari situ muncul kesempatan untuk mengakalinya dengan mengganti nama file exe milik antivirus anda menjadi explorer.exe. Contoh, saya mengubah PCMAV.exe menjadi explorer.exe.


Menggunakan SUPERAntiSpyware

Jika computer anda terinfeksi malware, salah satu tool untuk menghapusnya adalah SUPERAntiSpyware versi portable. Kenapa harus portable? Karena biasanya malware tidak mengizinkan atau memblokir instalasi aplikasi pembasmi malware. Seandainya pun bisa diinstal, akan muncul error. Dengan versi portable, anda bisa menggunakannya.
Download SUPERAntiSpyware Portable dengan ukuran file 13MB.

  1. Download dan masukkan ke flashdisk lalu jalankan.
  2. Bila diperlukan, lakukan proses update definition terlebih dahulu. Klik Check for Updates.
  3. Setelah selesai akan muncul jendela baru.
  4. Selanjutnya pilih Scan your Computer.
  5. Pilih drive yang akan di-scan dan pilih Perform Complete Scan.
  6. Dalam contoh dari hasil scan, saya mendapati ada 2 antivirus palsu yang terdeteksi. Antivirus palsu itu ditandai dengan nama Rogue di depannya.
  7. Klik Next lalu pembersihan akan dilakukan, restart computer anda jika dibutuhkan.
  8. Jika langkah ini tadi tidak berhasil, coba lakukan permbersihan dengan SUPERAntiSpyware Portable dalam safe mode. Cara untuk masuk ke safe mode adalah menekan tombol F8 saat Windows akan di-load. Setelah muncul menu Advanced Boot Options, pilih Safe mode with Networking.


Menggunakan Malwarebytes’ Anti-Malware

Bila menggunakan SUPERAntiSpyware kurang memuasakan, malware-malware tersebut akan kita hajar lagi dengan Malwarebytes’ Anti-Malware. Download Malwarebyte’s Anti-Malware dengan ukuran file 7,3MB.

  1. Download dan install seperti biasa.
  2. Jalan aplikasi itu, pilih tab Update lalu klik Check for Updates.
  3. Setelah proses update selesai, pilih tab Scanner dan pilih Perform full scan.
  4. Pilih drivenya lalu klik Scan.
  5. Setelah proses scan selesai, klik pada Show Results.
  6. Berikutnya, klik Remove Selected.
  7. Restart jika diperlukan.
  8. Lanjutkan dengan melakukan scan secara penuh dengan antivirus yang biasa anda pakai. Setelah itu, biasanya computer anda akan bersih dari infeksi antivirus palsu.

1 Comments:

  • Post a Comment

    Mari kita saling voting dan berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada teman yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih banyak saya ucapkan, Salam Blogger teman . . .