Cara Menambahkan Like & Share Facebook dan Button Like

Post by Unknown on Saturday, January 8, 2011 | 12:32 AM



Anda ingin web/blog atau artikel anda disukai orang lain? Anda bisa menggunakan yang namanya Tombol Facebook Like. Namun bagi anda yang menggunakan wordpress.com (wordpress gratis) tidak akan bisa mencoba fitur ini, bila anda masih berminat mencobanya maka saya sarankan anda mengganti ke wordpress.org (self hosted).
Berikut adalah tips untuk memperoleh tombol Facebook Like di web.blog anda :

Facebook Button Like
  1. Kunjungi link Facebook Create Page.
  2. Pada kolom bagian kanan, pilih salah satu jenis Page yang ingin anda buat, misal saja blog pilih saja Website.
  3. Ketikkan nama yang ingin anda jadikan sebagai Page Facebook, bila anda ingin membuat Button Like di web/blog lebih baik anda beri nama web/blog anda. Setelah selesai, check pada check box dibawahnya lalu klik “Buat Halaman Resmi”.
  4. Maka akan muncul sebuah halaman baru, edit Facebook Page anda sesuai keinginan misal upload gambar untuk web/blog anda atau pasang beberapa aplikasi untuk Facebook Page sesuka hati anda.
  5. Copy link Facebook di atas, ini digunakan untuk membuat script pada web/blog anda. Contoh : http://www.facebook.com/pages/”contoh page anda”/101010101.
  6. Pilih opsi Add Like Box to your Site.
  7. Copy-kan link Facebok Page anda kedalam Facebook Page URL.
  8. Klik tombol Get Code. Lalu copy semua script yang anda namun hanya pada kolom yang atas yaitu iframe.
  9. Di Blogger, masuk pada Design > Page Elements dan click an Add-A-Gadget link. Pilih  HTML/Javascript gadget dan paste code kedalamnya.
  10. Save dan lihat blog anda maka akan anda lihat hasilnya.


Facebook Share dan Like Button
  1. Di Blogger, masuk pada Design - Page Elements dan click an Add-A-Gadget link. Pilih  HTML/Javascript gadget
  2. Copy-paste code dibawah ini :

  1. Save dan lihat blog anda.

Berikut ini juga saya berikan beberapa code tombol untuk Facebook anda :
Hanya Icon “F”



Hanya Link “Share on Facebook”


Icon dan Link “Share on Facebook”






2 Comments:

  • Hi,,thanks infonya,,, aq sdh punya facebook page tentang webq, sekarang kalau aq mau tambahkan like button di web aq tp sekaligus link'in ke facebook page aq gimana yah? apa ga bisa? eh..gimana ya pertanyaanq koq membingungkan...semoga dapat dimengerti dan dijawab..

    thnaks lagi..

  • @fardetya : klo sekaligus like di FB page sih gag bisa, misal aku punya FB page ama FB button like di blog .. otomatis klo ada orang lain yg like di blog'q ya like-nya cuman di blog gag bisa ikutan ke FB Page itu, tujuannya cuma mempromosikan FB Page ^^

  • Post a Comment

    Mari kita saling voting dan berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada teman yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih banyak saya ucapkan, Salam Blogger teman . . .