Android Twitter Client via Plume

Post by Unknown on Monday, March 7, 2011 | 12:20 AM


Smartphone sudah menjadi alternative untuk terhubung ke internet. Salah satu platform smartphone yang sedang naik daun adalah Android. Banyak aplikasi, terutama yang berhubungan dengan jejaring social dibuat untuk android. Salah satunya adalah Twitter Client yang bernama Plume.
Plume merupakan aplikasi buatan Level Up Studio yang khusus diciptakan untuk platform Android dan tidak tersedia untuk yang lainnya. Plume tersedia dalam versi gratisan dan premium, namun sayangnya versi premium tidak tersedia di market Indonesia. Perbedaannya tidak terlalu besar, hanya ketersediaan widget dan penghapusan iklan. Untuk menggunakan Plume ikuti langkah berikut :
1.      Download Plume via Market Android dengan ukuran file 1,56 MB.
2.      Pada saat pertama kali pemakaian, seperti biasa anda harus melakukan login. Plume menawarkan autentifikasi SSL yang tentunya lebih aman meski sedikit lebih lambat. Isi username dan password kemudian check Use SSL.
3.      Tampilan awal pada saat menjalankan Plume adalah timeline anda. Akan ditampilkan tweet dari account yang anda follow. Pada pojok kanan atas terdapat 4 titik yang menandakan terdapat 4 jendela yang bisa dilihat. Jendela paling kiri adalah timeline, dan sebelah kanannya adalah mention, berikutnya direct message dan terakhir untuk berbagai fungsi seperti search ataupun profil. Anda jug bisa memilihnya melaui menu di bawah.
4.      Untuk melakukan post tweet, tekan title bar pada bagian atas. Jendela dengan kotak update akan turun dengan animasi dan anda bisa mengetiknya langsung. Tersedia juga menu attachment gambar maupun shortener URL.
5.      Untuk melakukan reply, retweet dan sebagainya, anda cukup menekan salah satu tweet kemudian akan muncul menu pilihan. Salah satu kelebihan Plume adalah jika tweet tersebut merupakan conservation dari tweet lainnya, tweet akan otomatis akan dimunculkan. Ini akan memudahkan pembacaan tweet pada mobile client.
6.      Pada saat me-reply, jika dalam tweet yang akan di-reply terdapat account lainnya, Plume akan menawarkan sekaligus memasukkan account tersebut dalam reply atau tidak. Fitur itu dapat menghemat waktu pengetikkan account dibanding client lainnya.
7.      Jika menekan Avatar pada timeline, anda akan dibawa ke halaman profil tersebut.
8.      Fitur lain dari Twitter bisa anda akses pada pilihan menu More yang terletak dibagian bawah timeline. Melalui menu itu, anda bisa melihat tweet terbaru, trending topics, lists, search, dan favorites.

5 Comments:

  • yah makin keren aja nih gan , makasih gan buat infonya , semoga bermanfaat salam kenal aja gan

  • @obat kandung kemih : iy gan sama", thx ud sering mampir sini . . tunggu aja tips yang lain, hehehe

  • walau pun engga ngerti ,makasih untuk infonya

  • @obat kelejar getah bening : hahaha . . agan, ne cuma buat yg punya hp android gan klo gg punya ya gg ngerti termasuk saya :D

  • sayang ane ga punya hp android gan :(

  • Post a Comment

    Mari kita saling voting dan berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada teman yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih banyak saya ucapkan, Salam Blogger teman . . .